Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Marketing
Inilah pekerjaan yang dilakukan oleh seorang marketing

Strategi pemasaran yang tepat menjadi salah satu kunci kesuksesan bagi sebuah bisnis maupun perusahaan. Untuk merancang sebuah strategi tentu dibutuhkan seorang ahli, maka dapat dikatakan lulusan pemasaran adalah orang yang cakap di bidang marketing atau pemasaran.

Prospek kerja jurusan pemasaran salah satunya adalah menjadi Marketing yang memiliki tugas utama untuk menjual produk maupun jasa. Penjualan tersebut memiliki target yang telah ditentukan oleh perusahaan sehingga wajib untuk dipenuhi.

Tak hanya itu, ternyata seorang Marketing juga memiliki tugas lain yang menjadi tanggung jawab profesinya. Mau tahu pekerjaan seorang Marketing? Inilah tugas dan tanggung jawab seorang Marketing perusahaan yang perlu kamu tahu!

 

Melakukan Riset Pasar

Seorang marketing perlu utuk melakukan riset dan analisis pasar guna untuk membantu meningkatkan ketertarikan konsumen pada barang atau jasa yang ditawarkan. Riset tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan serta harapan dari konsumen. Perlu dilakukan penelitian dan analisis data untuk mengidentifikasi dan menentukan khalayak calon konsumen.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Sifat utama yang harus dimiliki oleh seorang marketing adalah ramah tamah dan komunikasi yang baik. Hal ini diperlukan supaya konsumen merasa nyaman dan mudah mengerti dengan penjelasan yang kamu berikan. Pelayanan yang baik akan memuaskan konsumen sehingga dapat menjadikannya pelanggan tetap bagi usahamu.

Membuat Perencanaan Produk

Perencanaan produk sangat wajib untuk dilakukan bagi sebuah bisnis agar produk yang dipasarkan dapat berjalan dengan baik. Promosi yang dilakukan pun tentu akan berjalan lancar apabila telah dilakuakan perencanaan produk sebelumnya                            

Menetapkan Harga

Selain menjual barang atau jasa, menetapkan harga produk sesuai harga pasaran juga merupakan tugas bagi seorang marketing agar calon konsumen dapat memiliki perbandingan harga. Berikan harga promo maupun diskon untuk menarik minat calon konsumen agar membeli produk yang kamu tawarkan.

Merancang Strategi Pemasaran

Seorang marketing tentu harus ahli dalam merancang strategi pemasaran agar kegiatan prmosi dapat terus berjalan. Kamu harus mengetahui jenis promosi yang akan kamu gunakan, seperti misalnya brosur, banner, poster maupun papan iklan.

Namun, di era yang telah berkembang pesat seperti saat ini memasarkan produk melalui digital lebih mudah dilakukan dan lebih tepat sasaran. Jadi, kamu bisa memasarkan produkmu secara offline maupun online. Apabila startegi promosimu berhasil maka produk yang kamu jual akan semakin banyak dan profit bagi perusahaan akan melonjak pesat.

Mengelola Kampanye Pemasaran

Agar produk lebih dikenal, lakukan kampanye pemasaran untuk mempromosikan aspek tertentu dari bisnismu. Misalnya menyambut suatu event tertentu seperti promo menjelang hari raya, cuci gudang akhir tahun, tanggal cantik setiap bulannya, dan lain-lain.

Kamu dapat mengelola kampanye pemasaran melalui berbagai media mulai dari selebaran, televisi, radio, email, hingga media sosial. Manfaat yang dapat kamu terima bagi bisnismu adalah membuat produk makin populer sehingga dapat menambah jumlah penjualan.

 

Nah, itu dia tugas dan tanggung jawab dari seorang Marketing yang bisa kamu pelajari apabila tertarik untuk berkecimpung di industri pemasaran. Lakukanlah pekerjaan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memberikan dampak baik bagi bisnis yang sedang kamu kelola. Tetap semangat dan jangan berhenti untuk belajar, ya!

Sign in to leave a comment
5 Teknik Pengambilan Gambar, Populer Digunakan Fotografer Profesional
Kuasai teknik pengambilan gambar ini sebelum jadi fotografer handal