Tips Mengetik Menggunakan 10 Jari dengan Cepat dan Tepat
Yuk, tinggalkan kebiasaan buruk mengetik dengan menggunakan 2 jari!

Di era digital, kegiatan mengetik menggunakan komputer telah menjadi rutinitas yang tak bisa dilepaskan dari pekerjaan sehari-hari. Terutama untuk kamu yang bersekolah di jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) yang akan selalu berhubungan langsung dengan segala macam administrasi sehingga hal tersebut akan menjadikanmu akrab dengan kegiatan mengetik.

Oleh sebab itu, kamu dituntut agar dapat mengetik dengan cepat guna meningkatkan efektivitas dan produktivitas kinerjamu. Hal ini akan sangat berguna sebagai bekal ketika kamu memasuki industri kerja nanti.

Nah, ternyata ada cara cepat dan akurat yang bisa kamu gunakan untuk mengetik tanpa melihat keyboard, loh yaitu mengetik dengan menggunakan 10 jari.  Kunci kecepatan dalam proses tersebut bukan hanya itu saja, melainkan ada faktor lain yang perlu kamu terapkan ketika mengetik. Ini lah beberapa tips agar kamu cepat menguasai mengetik dengan menggunakan 10 jari.


Letak Jari Kanan

Faktor jari memiliki peran penting dalam mengetik 10 jari. Letak dari setiap jari pun telah dipetakan dengan baik pada keyboard sehingga kamu perlu untuk memperhatikan tugas dan fungsi dari masing-masing jari.

Untuk fungsi jari kanan, berikut merupakan tempat yang tepat ketika mengetik:

Telunjuk : diletakkan pada tombol huruf J, H, U, Y, M, N, angka 7, dan 6.

Jari Tengah : bertugas untuk menekan huruf K, I, tanda koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan angka 8.

Jari Manis :  berfungsi untuk mengetik huruf L, O, 9, tanda titik (.), tanda lebih besar (>) serta Alt.

Kelingking :  diletakkan pada tombol di sebelah kanan selain yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ({ } / [ ]), garis miring ke kiri (\), tanda tanya  (?) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.

 Jempol : fokus pada tombol spasi

Letak Jari Kiri

Selain jari kanan, letak jari kiri juga perlu diperhatikan agar fungsi dari setiap jari dapat digunakan secara maksimal.

Telunjuk : diletakkan pada huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5.

Jari Tengah : berfungsi untuk mengetik huruf D, E, C, dan angka 3.

Jari Manis : diletakkan pada huruf S, W, X, dan angka 2.

Kelingking : bertugas untuk menekan tombol pada huruf  A, Q, Z, angka 1, Alt dan selain yang telah disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.

Jempol : diletakkan pada tombol spasi.

Rumus dalam mengetik 10 jari, apa bila jari di tangan kiri yang terakhir digunakan dalam menekan tombol, maka gunakan jempol kanan untuk menekan spasi, begitu pula sebaliknya.

Posisi Duduk

Posisi badan dan duduk yang baik juga memiliki peran penting dalam mengetik 10 jari. Tak hanya untuk kesehatan, ternyata posisi duduk yang tepat dapat membantu meningkatkan kecepatan dalam mengetik.

Kamu harus duduk santai, walau begitu punggung harus tegak dan tidak boleh membungkuk serta posisi kepala jangan membungkuk condong ke depan. Selain itu, posisi kaki juga perlu kamu perhatikan, yaitu paha harus horizontal dengan telapak kaki menyentuh tanah.

Tips yang perlu kamu perhatikan yaitu seringlah mengubah posisi duduk secara berkala karena duduk terlalu lama dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Sesekali bangun dan cari udara segar untuk meregangkan otot tubuh agar tidak kaku, kemudian kamu dapat duduk kembali dan melanjutkan pekerjaanmu.

Rajin Berlatih

Agar kamu jago menggerakkan 10 jarimu dalam mengetik, rajinlah untuk sering berlatih dan mempraktikkan tips yang telah disebutkan di atas. Dengan latihan yang teratur kamu akan dapat menguasai letak tombol keyboard tanpa harus melihat lagi.

Jika kamu ingin terus belajar, saat ini banyak tersedia aplikasi maupun situs web yang menyediakan cara mengetik 10 jari. Di antaranya typing.com, typeonline.co.uk, typingtutor-online.com, dan lain sebagainya.

 

Itu lah beberapa tips yang harus kamu terapkan agar jago mengetik menggunakan 10 jari. Mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk mengetik menggunakan dua jari karena hal tersebut sangat tidak efektif.

Mata yang harus selalu tertuju pada keyboard agar tak salah menekan tombol nyatanya malah sering menjadikan tulisanmu rentan salah ketik. Maka mulailah beralih ke cara yang benar dan teruslah berlatih setiap hari agar kamu menjadi terbiasa menggunakan 10 jari dalam mengetik.

 

Sign in to leave a comment
Planogram: Definisi, Manfaat, dan Tujuan
Ini dia rahasia untuk meningkatkan nilai penjualan