Tips Membuat Desain UI/UX
Tips penting untuk menciptakan berbagai desain UI/UX menarik

UI/UX adalah dua aspek yang tak bisa dipisahkan begitu saja di masa yang serba modern ini. Keduanya sangatlah penting dalam berbagai hal, utamanya yang terkait dengan beragam hal mengenai multimedia dan pembuatan aplikasi.

Secara dasar UI (user interface) adalah tampilan yang dilihat oleh pengguna dan UX (user experience) adalah rasa yang muncul ketika pengguna menjajal berbagai macam karya multimedia maupun teknologi terkini. Oleh karena itu, dua hal di atas perlu sekali untuk kamu pahami bagi yang ingin menciptakan karya visual.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendalami UI/UX, ada ragam tips untuk membuat desain UI/UX menarik seperti berikut ini.

Memposisikan Diri sebagai Pengguna

Berbagai karya yang kamu buat tentu tidak hanya diperuntukkan untukmu, tapi juga akan dipakai oleh beragam orang. Supaya UI/UX yang kamu desain bisa diterima dengan baik, cobalah memposisikan dirimu sebagai pengguna.

Hal ini perlu dilakukan supaya kamu mendapatkan lebih banyak insight mengenai desain UI/UX yang sedang dikerjakan. Dengan begini, hasilnya bisa jadi lebih sesuai dengan preferensi pengguna yang telah ditargetkan.

Mengenal Target Audiens

Seperti di poin sebelumnya, selalu ada target audiens dari berbagai desain UI/UX yang kamu buat. Demi mendapatkan impresi yang baik, kamu perlu mengenali audiens yang ingin dituju dari karyamu tersebut.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenal audiens lebih dalam, baik melalui riset kompetitor atau melakukan diskusi dengan beragam orang yang sesuai dengan kriteria. Terapkan ragam cara tersebut supaya desainmu sesuai dengan tujuan penggunanya.

Membuat Konten dan Fitur yang Mudah Diakses

Dalam setiap desain yang kamu buat, tentu ada berbagai konten yang dimuat di dalamnya. Itulah yang dijadikan tujuan oleh berbagai orang untuk mengakses sistem atau karya dengan ragam desain yang ditawarkan.

Tips penting terkait ini adalah menyediakan berbagai macam konten dan fitur dengan memberikan kemudahan akses di dalamnya. Dengan begini, jangan sampai membuat pengguna merasa kesulitan dengan desain yang telah kamu rancang sedemikian rupa.

Buat Desain Sesimpel Mungkin

Dengan pesatnya perkembangan teknologi di masa kini, semua orang mengidam-idamkan simplisitas dalam berbagai aspek hidupnya. Ini pun juga berlaku bagi kamu yang ingin mendesain UI/UX untuk sistem maupun karya multimedia lainnya.

Membuat desain dengan konsep sesimpel mungkin juga menjadi salah satu tips penting ketika mendalami UI/UX. Desain yang simpel umumnya lebih disukai oleh audiens, akan tetapi harus diimbangi pula dengan pesan yang jelas supaya intisarinya bisa tersampaikan dengan baik.

Uji dan Minta Saran

 

Trial and error adalah salah satu hal yang perlu dilakukan, termasuk ketika kamu membuatkan desain untuk klien tertentu. Bahkan kegiatan tersebut sangat mungkin untuk dilakukan berkali-kali demi mendapatkan desain terbaik sesuai permintaan.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pengujian dan meminta masukan dari berbagai pihak. Lakukan dengan tekun supaya hasilnya bisa sesuai dengan harapan.

Ragam tips membuat desain UI/UX di atas bisa kamu terapkan bila terjun dalam dunia desain. Lakukan berbagai langkah tersebut supaya desainmu menarik dan lebih menjual untuk target audiensnya.

Sign in to leave a comment
Skill Penting bagi Graphic Designer
Kenali berbagai kemampuan ini bila ingin besar menjadi seorang Graphic Designer