Tidak Hanya Bongkar Pasang Komputer, Inilah 4 Potensi Lulusan TKJ
Lulus dari TKJ tidak selalu hanya bongkar pasang komputer

Teknologi merupakan salah satu sektor penting yang dibutuhkan dalam berbagai industri. Oleh karena itu, industri tentu membutuhkan ragam orang cekatan untuk menanganinya. Inilah yang bisa jadi salah satu potensi lulusan TKJ masa kini.

Walau begitu, masih banyak pribadi yang menganggap bahwa anak TKJ itu kerjaannya hanya bongkar pasang komputer. Padahal, masih ada berbagai macam potensi lulusan TKJ yang dibutuhkan oleh industri. Apa sajakah itu?

Network Technician


Walau saat ini sudah ada berbagai jaringan internet yang berjalan, nampaknya tidak semua orang memiliki pemahaman yang dalam mengenai hal tersebut. Pada momen inilah, diperlukan seorang network technician yang juga jadi salah satu potensi lulusan TKJ.

Network technician sendiri kerjaannya mengoprek ragam jaringan yang berada pada satu tempat. Umumnya posisi ini dicari-cari pada perusahaan berskala menengah ke atas dengan demand yang tinggi. Cocok lah buat lulusan TKJ yang demen ngoprek jaringan.

System Analyst


Dalam satu company, umumnya digunakan satu sistem yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan para karyawannya. Baik berskala besar maupun kecil, perancangannya memerlukan system analyst demi mendapatkan hasil yang optimal.

Salah satu potensi lulusan TKJ ini memiliki ragam pekerjaan, utamanya menganalisis dan mendesain sistem jaringan yang disesuaikan dengan keadaan perusahaan terkait. Pekerjaan yang tergolong berat tersebut hanya akan cocok bila dilakukan oleh orang-orang dengan pemahaman jaringan yang tinggi, seperti halnya anak-anak yang besar di TKJ.

Network Administrator


Sebagai salah satu sarana yang rentan, jaringan membutuhkan orang-orang yang mampu menjaganya. Inilah yang menjadikan peran network administrator dicari-cari oleh berbagai perusahaan ragam skala, sekaligus menjadi satu dari sekian banyak potensi lulusan TKJ di masa depan.

Tugas dari seorang network administrator sendiri adalah untuk menjaga keamanan dan kontinuitas dari sistem jaringan yang dipakai dalam perusahaan. Kegiatannya meliputi oprek koneksi internet komputer hingga mengoprek server demi mendapatkan jaringan yang optimal.

ERP Consultant


Bagi sebagian besar perusahaan, Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan hal yang penting untuk dimiliki. Akan tetapi, tidak semua bisa membuat dan memahaminya secara utuh. Untuk itulah, muncul ERP consultant sebagai salah satu potensi lulusan TKJ berikutnya.

ERP consultant sendiri kerjaannya adalah memberikan konsultasi dalam pengembangan sistem perusahaan menggunakan software tertentu, yang diharapkan bisa dijalankan secara efektif dengan pengeluaran minim. Selain itu, tak jarang pula profesi ini menuntutmu untuk dapat memberi solusi terkait pengolahan data dalam perusahaan, sehingga menguasai sistem database adalah suatu keharusan.

Oleh karena itu, bila kamu ingin menekuni ragam profesi di atas, kamu perlu banget untuk mengasah skill dan melek teknologi supaya lebih diperhitungkan di industri. Coba pula untuk ikut dalam project dan turut serta dalam program magang untuk mendapatkan pengalaman yang lebih banyak supaya bisa menjadi salah satu potensi lulusan TKJ tersebut.

Sign in to leave a comment
Fintech: Definisi, Manfaat, dan Jenis
Inilah serba-serbi fintech yang perlu kamu tahu.