Prospek Kerja Lulusan Seni
Cocok banget jadi pilihan kerja setelah lulus dari jurusan seni

Beberapa tahun sebelumnya, banyak orang masih mempertanyakan bagaimana masa depan siswa yang bersekolah di jurusan seni. Akan tetapi, di masa yang modern ini, orang-orang yang berlatar pendidikan di jurusan seni semakin dibutuhkan dalam industri.

Ada berbagai macam jurusan seni yang tersedia dalam pendidikan Indonesia, mulai dari seni murni, seni rupa dan desain, hingga perfilman. Berbagai lulusan dari jurusan tersebut juga saat ini dicari oleh beragam industri di tanah air.

Dengan ragam kebutuhan tersebut, prospek kerja yang dapat diambil oleh para lulusan seni pun juga tergolong menarik. Apa sajakah itu? Simak deretan peluang kerjanya di bawah ini yang bakal bikin kamu tertarik untuk menimba ilmu di jurusan seni.

Graphic Designer


Dalam berbagai industri, banyak cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan. Dari sini lah muncul graphic designer yang memiliki peranan penting dalam strategi marketing perusahaan.

Graphic designer sendiri umumnya berkutat dalam menafsirkan berbagai macam brief, mulai dari ucapan, tulisan, hingga grafik yang kemudian diubah dalam bentuk visual. Prospek kerja lulusan seni tersebut membutuhkan ragam skill, di antaranya adalah penguasaan aplikasi desain seperti Adobe Illustrator hingga Photoshop.

Illustrator


Di samping graphic designer, ada pula profesi yang juga penting untuk keperluan branding dalam company. Salah satunya adalah illustrator yang memiliki tugas serupa tapi tak sama dengan sebelumnya.

Bila graphic designer menelurkan konten visual, lain halnya dengan illustrator yang lebih fokus membuat desain mentah baru. Hasilnya kemudian akan diolah kembali oleh desainer grafis, sehingga keduanya menjadi prospek kerja lulusan seni yang patut diperhitungkan.

Art Director


Dalam proses produksi konten video, umumnya ada elemen artistik yang ditata sedemikian rupa pada set terkait. Untuk mendapatkan elemen artistik yang memanjakan mata, ada art director yang memiliki andil besar.

Art director sendiri bertugas untuk menata elemen artistik dalam suatu produksi. Posisi tersebut sangat dibutuhkan dalam berbagai rumah produksi, karena orang-orang tersebut biasanya terlibat langsung dalam produksi film, serial TV, iklan, dan konten lain yang membutuhkan visual dengan penataan ciamik.

Videographer


Prospek kerja lulusan seni berikutnya yang juga populer adalah videographer. Lain halnya dengan berbagai peluang sebelumnya, pekerjaan satu ini cenderung bisa dikuasai oleh orang-orang yang bahkan tidak memiliki latar belakang pendidikan seni.

Walau begitu, seorang videographer yang berlatar belakang pendidikan seni tentunya tidak sama dengan orang yang lahir dari non-seni. Hal tersebut muncul karena pengetahuan lulusan seni yang lebih tinggi, seperti mengenai komposisi gambar, warna, lighting, hingga ragam detil lainnya yang membuat mereka jauh lebih unggul ketika mencari pekerjaan.

Creative Director

Memasarkan produk tentu menjadi hal penting bagi berbagai perusahaan di masa kini. Langkah tersebut perlu diambil supaya perusahaan tersebut menjadi lebih terkenal.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk, salah satunya melalui ragam konten kreatif. Dalam hal ini, diperlukan creative director yang memegang peranan penting untuk keperluan tersebut.

Pekerjaan creative director sendiri adalah mengolah konsep kreatif yang kemudian akan dibentuk dalam berbagai konten, mulai dari video, foto, hingga desain. Kemampuan ini tentu bisa dilakukan lebih baik bila kamu merupakan lulusan dari jurusan seni yang umumnya memiliki pemikiran kreatif.

Berbagai prospek kerja tersebut bisa dipertimbangkan bila kamu sedang menempuh pendidikan di jurusan seni. Jangan lupa juga untuk mengasah skill seni kamu melalui berbagai kegiatan, salah satunya dengan magang pada berbagai pelaku industri.

Sign in to leave a comment
Rekomendasi Aplikasi Desain UI/UX
Ragam aplikasi untuk tunjang keperluan desain UI/UX