Kuasai Skill Khusus Ini Agar Kamu Menjadi Sekretaris Profesional
Inilah yang perlu kamu siapkan untuk menjadi sekretaris yang baik

Bekerja secara profesional akan memudahkanmu dalam menapaki jenjang karir yang lebih tinggi. Untuk itu, diperlukan keterampilan khusus di berbagai bidang pekerjaan agar kamu bisa menjadi profesional. Begitu pula profesi sekretaris yang memerlukan skill khusus yang harus dimiliki agar menjadi sekretaris yang baik dan profesional.

Inilah beberapa keterampilan yang wajib kamu punya supaya bisa menjadi sekretaris profesional.

 

Etika Baik


Sekretaris merupakan tangan kanan sekaligus kepercayaan langsung bagi seorang pimpinan, untuk itu kamu harus menjunjung tinggi citra perusahaan tempat kamu bekerja. Maka seorang sekretaris harus memiliki sifat yang ramah, baik, dan memiliki sopan santun.

Hal ini dikarenakan seorang sekretaris yang tidak hanya bersikap baik terhadap pimpinan akan tetapi juga harus baik kepada semua relasi dan teman di kantor. Selain itu, sekretaris juga dituntut untuk memiliki karakter tegas dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Mengetik Sepuluh Jari


Mengetik memang terlihat mudah, namun tidak semua orang mampu untuk mengetik menggunakan 10 jari. Kemampuan khusus ini harus dimiliki sekretaris agar pekerjaan yang berkaitan dengan ketik-mengetik dapat cepat diselesaikan.

Biasanya keahlian ini akan kamu terapkan ketika menjadi notulen rapat. Kemampuan minimal mengetik seorang sekretaris adalah kecepatan 200 entakan per menit dengan toleransi kesalahan maksimal 3 entakan, lho.

Pandai Menjaga Rahasia


Sebagai orang kepercayaan sekaligus tangan kanan pimpinan, seorang sekretaris harus pandai dalam menjaga rahasia perusahaan. Selain itu, kamu juga harus menjunjung tinggi loyalitas terhadap perusahaan. Karena dipercaya langsung oleh pimpinan, pastikan kamu adalah orang yang pandai menjaga rahasia perusahaan maupun pribadi, ya.

Melek Teknologi


Sekretaris harus mempunyai wawasan yang luas di bidang pekerjaannya. Seorang sekretaris juga dituntut untuk selalu melek dalam segala hal seperti kemajuan teknologi. Sebagai sekretaris, kamu tidak boleh gaptek karena pekerjaan sekretaris akan lebih mudah dan efektif dengan bantuan teknologi. Tak hanya itu, teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk menggali informasi dari berbagai sumber untuk disajikan kepada perusahaan.

Kemampuan Berbahasa


Sekretaris diwajibkan memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang baik. Hal ini berhubungan dengan tugas sekretaris yaitu pembuatan surat atau dokumen penting lainnya. Selain itu, menguasai bahasa asing menjadi nilai tambah bagi kamu yang ingin menjadi seorang sekretaris profesional.

Penguasaan bahasa asing ini akan berguna ketika kamu harus bertemu atau berkomunikasi dengan relasi yang berasal dari luar negeri. Bukan hanya penguasaan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional saja akan tetapi penguasaan Bahasa Mandarin  di era sekarang ini juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan, lho.

Public Speaking yang Baik


Sebagai seorang sekretaris, kamu harus mempunyai keberanian untuk berbicara di depan publik. Karena sering kali seorang pimpinan akan menugaskanmu untuk menggantikan meeting atau pun pertemuan dengan relasi lain. Maka seorang sekretaris harus siap dan mampu ketika harus berbicara dengan orang lain dan berbicara di depan umum.

 

Inilah beberapa skill khusus yang dibutuhkan untuk menjadi sekretaris profesional. Jadi, keahlian apa yang sudah kamu kuasai? Tapi tenang saja, kamu dapat mengasah keahlian tersebut apabila rajin berlatih untuk meningkatkan skill yang kamu miliki. Terus belajar dan tetap semangat, ya!

Sign in to leave a comment
5 Tips Keren Sound Mixing
Perlu banget untuk hasilkan audio ciamik