6 Jenis Profesi Akuntan yang Perlu Kamu Pahami Perbedaannya
Ternyata profesi akuntan tak hanya memiliki satu macam

Salah satu profesi yang bisa kamu tekuni sebagaI lulusan Akuntansi adalah Akuntan. Tugas dan tanggung jawabnya yaitu sebagai penyedia informasi serta jawaban yang terkait dengan keuangan. Oleh sebab itu, peran dari seorang akuntan dinilai sangat berpengaruh dalam sebuah bisnis.

Tapi, perlu kamu ketahui jika ternyata profesi akuntan tak hanya ada satu jenis. Akuntan ada dalam berbagai macam. Walau pekerjaan yang dilakukan hampir sama, nyatanya akuntan-akuntan tersebut tetap memiliki perbedaan. Berikut 6 jenis profesi akuntan yang wajib kamu pahami!

 

Akuntan Perusahaan


Jenis yang pertama yaitu akuntan perusahaan atau biasa pula dikenal sebagai akuntan internal. Tugasnya yaitu untuk menyusun sistem akuntansi, perpajakan, melakukan audit internal, dan juga menyusun laporan keuangan.

Penyusunan laporan keuangan dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan aplikasi akuntansi. Tujuan dari penyusunan laporan keuangan tersebut akan digunakan sebagai keperluan audit eksternal perusahaan.

Akuntan Publik

Jenis yang kedua yaitu akuntan publik yang bekerja secara independen dan tidak terikat pada perusahaan. Profesi ini akan memberikan jasa profesional yang telah memiliki izin negara untuk melakukan praktik sebagai akuntan swasta. Akuntan jenis ini hanya akan memberikan jasanya sesuai pembayaran yang ia terima.

Tugas dari akuntan publik adalah melakukan pemeriksaan atau audit laporan keuangan, audit perpajakan, hingga memberikan konsultasi manajemen. Selain itu, akuntan publik juga harus memastikan tindakannya sesuai etika profesi akuntan agar tidak ada tindakan penyelewengan maupun manipulasi.

Akuntan Pemerintah

Jenis akuntan yang ketiga merupakan akuntan pemerintah yaitu seorang akuntan profesional yang bekerja di instansi pemerintahan. Tugas pokok dari seorang akuntan pemerintah yaitu melakukan pemeriksaan atas pertanggungjawaban keuangan yang disajikan oleh unit organisasi pemerintah atau ditujukan kepada pemerintah.

Pada umumnya yang dapat disebut sebagai akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja di Badan Pengawas Keuangan dan Pembagian (BPKP) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BAPEKA), serta instansi pajak.

Akuntan Perpajakan


Akuntan perpajakan merupakan jenis profesi akuntan yang berikutnya. Tugas dari profesi ini berhubungan dengan berbagai hal mengenai pajak. Selain itu, akuntan pajak juga harus menganalisis fenomena ekonomi dan menentukan strategi perpajakan berdasarkan ilmu perpajakan.

Dalam sebuah perusahaan tak jarang mempekerjakan seorang akuntan pajak yang bertugas untuk memastikan perusahaan memenuhi kewajiban dalam membayar pajak. Hal ini juga bertujuan agar perusahaan dapat membayar pajak tepat waktu dan sesuai jumlah yang telah ditentukan.

Akuntan Syariah


Jenis yang berikutnya merupakan akuntan syariah yaitu bidang akuntansi yang berdasarkan kaidah agama Islam. Dasar hukum dari akuntansi syariah tidak ditentukan oleh manusia melainkan langsung dari Tuhan sehingga tanggung jawab yang dipegang akan jauh lebih besar.

Akuntan syariah bertugas untuk menerjemahkan fenomena ekonomi dalam berbagai standar ukuran di dalam lingkup masyarakat Islam. Salah satu kelebihan dari akuntansi syariah yaitu memiliki sistem bagi hasil yang adil serta terhindar dari riba.

Akuntan Pendidik

Jenis akuntan yang terakhir yaitu akuntan pendidik yang bertugas di bidang pendidikan. Akuntan pendidik memiliki tanggung jawab untuk melakukan penelitian dan pengembangan, serta mengajar dan menyusun kurikulum pendidikan akuntansi. Tak heran apabila jenis akuntan pendidik sangat dibutuhkan karena tanggung jawabnya sebagai guru atau pengajar bagi jenis-jenis akuntan lain.

Akuntan pendidik akan mengajarkan seorang akuntan untuk dapat bersikap handal dan profesional. Materi yang akan diajarkan oleh akuntan pendidik biasanya berupa konsep debit dan kredit, membuat jurnal dan mempostingnya di buku besar, pembuatan laporan keuangan, dan lain sebagainya.


Itu dia 6 jenis akuntan yang wajib kamu tahu. Jadi, sudahkah kamu memutuskan untuk memilih jenis  akuntan mana yang akan menjadi profesimu?

Sign in to leave a comment
3 Seluk-beluk Network Administrator
Wajib tahu bagi para lulusan TKJ nih