3 Trik Menata Kabel
Cocok untuk membuat kabel tampak lebih rapi

Kabel merupakan satu benda yang selalu hadir pada beragam perangkat elektronik. Bagi seorang network technician, berkutat dengan kabel adalah hal yang sangat lumrah. Banyak tips yang berkaitan dengan benda satu ini, salah satunya adalah trik menata kabel.

Ragam trik di bawah ini akan membantumu lebih mudah dalam merapikan kabel-kabel yang seringkali berserakan, terutama bila konfigurasi dari alat-alatnya banyak dan rumit. Tips ini juga cocok supaya manajemen kabel jadi lebih mudah apabila suatu saat ingin diutak-atik dan pastinya tidak mengganggu sekitar. Penasaran? Simak cara-caranya berikut ini.

Masukkan pada Pipa Paralon


Trik menata kabel pembuka yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan memasukkan kabel ke dalam pipa paralon. Pipa-pipa tersebut dapat dipakai untuk merapikan kabel yang berserakan di ruangan sekaligus menyembunyikannya supaya tampak lebih tertata.

Pipa paralon yang bisa dipilih sendiri ada beragam jenis, namun yang berukuran kecil umumnya lebih sering dijadikan pilihan karena akan tampak lebih minimalis. Penggunaan pipa dalam menata kabel ini juga memiliki keuntungan, yakni mencegah kabel dari ancaman gigitan tikus.

Pakai Ikat Kabel


Apabila kamu tidak sempat membeli pipa paralon, masih ada dua trik menata kabel lainnya yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan memakai ikat kabel demi mencegah kabel yang berantakan di dalam ruanganmu.

Ikat kabel ini bisa kamu dapatkan dengan mudah, baik di toko perkakas di sekitar maupun toko online. Tidak hanya itu, varian dari benda yang umumnya dijual paketan ini sangatlah beragam, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan nuansa ruangannya.

Pasang Klem Kabel


Trik menata kabel terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan memasang klem kabel. Seperti halnya ikat kabel, klem ini bisa banget kamu dapatkan dengan mudah, terutama di beragam lapak pada online marketplace di Indonesia.

Klem kabel sendiri umumnya dijual per pak, di mana dalam satu paknya berisi puluhan klem yang bisa dipakai berkali-kali. Ukurannya pun beragam, mulai dari yang kecil berukuran antara 3-5mm sampai yang besar dengan ukuran 14-17mm. Oleh karena itu, sesuaikan ukuran klem dengan kabel yang ingin kamu tata dalam ruangan.

Deretan trik menata kabel tersebut bisa mulai diterapkan pada berbagai ruangan demi membuat ruangan tampak lebih rapi tanpa kabel yang berserakan di mana-mana. Jangan lupa juga asah kemampuan cable management-mu melalui ragam kegiatan yang pastinya bakal berguna kala memutuskan menjadi network technician.

Sign in to leave a comment
3 Tips Menjadi Sekretaris Handal
Dijamin bikin atasan tercengang dengan keahlianmu