3 Seluk-beluk Network Administrator
Wajib tahu bagi para lulusan TKJ nih

Lulusan TKJ memiliki banyak peluang dalam industri setelah lulus nanti. Salah satunya yang tergolong populer adalah menjadi network administrator yang dicari-cari oleh berbagai sektor industri, terutama di Indonesia.

Seperti namanya, pekerjaan ini membuatmu banyak berkutat dengan jaringan dalam berbagai aspek industri. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui supaya kamu dapat berkarier menjadi network administrator secara profesional berikut ini.

Mengawasi Beragam Hal Terkait Jaringan

Pada dasarnya, network administrator merupakan orang yang memegang tanggung jawab sebagai pengawas sistem komunikasi dalam industri terkait. Meski begitu, kegiatannya bisa dibilang cukup banyak dan exhausting.

Beberapa jobdesk darinya adalah untuk menganalisis, implementasi, hingga pengawasan terhadap Wide Area Network (WAN) yang diaplikasikan di kantor terkait. Hal ini tentu berkaitan pula dengan penerapan ragam hardware dan software yang digunakan supaya jaringan bisa dipakai secara optimal tanpa kendala berarti.

Perlu Memiliki Sertifikasi Profesi

Banyak sekali network administrator yang dibutuhkan oleh industri di masa kini. Baik yang lulusan TKJ maupun lulusan Perguruan Tinggi, semuanya memiliki peluang tersendiri untuk berkarier untuk memajukan jaringan pada ragam pelaku industri.

Meski begitu, peluang yang dimiliki bakal jauh lebih besar apabila kamu telah mengantongi sertifikasi profesi terkait. Ada beragam sertifikasi yang bisa kamu pilih jika ingin membesarkan nama menjadi network administrator, di antaranya adalah CompTIA A+ untuk keterampilan dasar dan CompTIA Network+ kalau kamu ingin focus pada keterampilan jaringan.

Di samping itu, ada pula beberapa perusahaan besar yang menyediakan sertifikasi serupa, seperti Cisco dan Microsoft. Bila ada kesempatan, coba deh kamu ikuti sertifikasinya supaya lebih diakui oleh industri dan dijamin bakal menguntungkanmu di masa depan.

Harus Kritis

Kiat penting sebelum kamu bekerja adalah mampu berpikir kritis. Hal tersebut ternyata juga berlaku apabila kamu ingin diakui secara profesional sebagai network administrator.

Berpikir kritis sendiri perlu kamu terapkan untuk menemukan beragam solusi yang muncul terkait jaringan di kantor. Dengan begini, kamu dapat dengan mudah menyelesaikan masalah secara lebih efektif dalam berbagai kondisi.

Itulah beberapa seluk-beluk dari profesi network administrator yang perlu kamu pahami kala lulus dari TKJ. Jangan lupa juga untuk mengasah skill teknismu dalam berbagai kesempatan, salah satunya dengan magang di industri yang bakal memberikanmu banyak pengalaman bekerja secara nyata.

Sign in to leave a comment
Mata Pelajaran yang Dipelajari di Jurusan OTKP
Selain mata pelajaran wajib, ada pula mata pelajaran sesuai kompetensi keahlian